marquee align="center" direction="right" height="50" scrollamount="2"

Kamis, 06 Desember 2012

ciri khas bangsa

Kebudayaan adalah Ciri Khas Bangsa Indonesia

Posted: 14/06/2012 in Tugas
0
 
 
 
 
 
 
2 Votes

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kebudayaan alangkah lebih baiknya kita mengetahui definisi dari kebudayaan itu sendiri. Definisi kebudayaan memiliki arti yang sangat luas dan beragam namun tetap satu arti dan berikut adalah definisi kebudayaan dari beberapa tokoh ahli:
  1. Herkovis
    Kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi lain.
  2. Andreas Eppink
    Kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain.
  3. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi
    Kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
Dari beberapa definisi kebudayaan diatas dapat disimpulkan bahwa kebudayaan adalah suatu sarana hasil karya, rasa, dan cipta yang mengandung keseluruhan aspek sosial dan diwariskan turun temurun dari generasi ke generasi.
Setelah kita mengetahui apa itu kebudayaan selanjutnya mari kita mengetahui kebudayaan apa sajakah yang ada di Indonesia dan mengapa kita harus menjaganya. Berikut adalah beberapa contoh kebudayaan yang ada di Indonesia:
  • Upacara Adat Tabuik di Sumatra Barat
  • Makepung, balap kerbau masyarakat bali
  • Atraksi Debus Banten
  • Karapan Sapi masyarakat Madura Jawa Timur
  • Batik
  • Tarian Tradisional
  • Lagu Tradisional dan lain-lain
Contoh di atas adalah beberapa contoh kebudayaan Indonesia yang sudah sepatutnya dijaga dan dihormati keberadaannya karena kebudayaan itu sendiri ibarat sebuah tanggung jawab yang harus dikerjakan bagi rakyat Indonesia.
Marilah mulai sekarang dan selanjutnya kita menjadi pribadi yang menghargai jasa para pendahulu dengan menjaga warisan-warisannya yang berupa kebudayaannya, karena jika kebudayaan ini dibiarkan tenggelam dengan maraknya budaya barat yang masuk di Indonesia bukan tidak mungkin kebudayaan di Indonesia ini hanya menjadi cerita yang diwariskan bagi generasi selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar